Beladiri Pencaksilat
A. Mengenal Beladiri Pencaksila
(1) Aspek Mental Spiritual: Pencaksilat membangun dan mengembangkan kepribadian dan karakter mulia seseorang.
(2) Aspek Seni Budaya: Istilah Pencak pada umumnya menggambarkan bentuk seni tarian pencaksilat, dengan musik dan busana tradisional.
(3) Aspek Bela Diri: Istilah silat, cenderung menekankan pada aspek kemampuan teknis bela diri pencaksilat.
(4) Aspek Olahraga: Ini berarti bahwa aspek fsik dalam pencaksilat ialah penting. Pesilat mencoba menyesuaikan pikiran dengan olah tubuh. Aspek olahraga meliputi pertandingan dan demonstrasi bentuk-bentuk jurus, baik untuk tunggal, ganda atau regu.
B. Analisis Keterampilan Gerak Sikap Kuda-kuda
1. Analisis Kuda-kuda Depan
a. Sikap berdiri.
b. Posisi kaki di depan ditekuk dan kaki belakang lurus
c. Telapak kaki belakang serong ke luar.
d. Berat badan ditumpukan pada kaki depan
e. Badan tegap dan pandangan ke depan.
f. Kedua tangan bersiap di depan dada.
2. Analisis Kuda-kuda Belakang
a. Berdiri dengan bertumpu pada kaki belakang.
b. Tumit yang dipakai sebagai tumpuan lurus dengan panggul
c. Condongkan badan ke depan.
d. Kaki depan jinjit dengan menapak dengan tumit atau ujung kaki.
e. Kedua tangan bersiap di depan.
3. Analisis Kuda-kuda Tengah
a. Berdiri dengan kaki dibuka lebar.
b. Kedua lutut ditekuk sehingga titik berat badan berada di tengah.
c. Kedua tangan bersiap di depan dada.
4. Analisis Kuda-kuda Samping
a. Berdiri dengan kaki dibuka lebar.
b. Salah satu kaki ditekuk dan kaki yang lain lurus ke samping.
c. Berat badan ditumpukan pada kaki yang ditekuk.
d. Bahu sejajar atau segaris dengan kaki.
e. Kedua tangan bersiap di depan dada.
5. Analisis Kuda-kuda Silang Depan
a. Berdiri tegak lurus dengan salah satu kaki di depan.
b. Salah satu kaki ke depan atau ke belakang kaki yang lain.
c. Berat badan ditumpukan pada salah satu kaki, kaki yang lain ringan sentuhan dengan ibu atau ujung jari kaki.
d. Kedua tangan bersiap di depan dada.
6. Analisis Kuda-kuda Silang Belakang
a. Berdiri menyamping
b. Salah satu kaki berada di belakang dengan keadaan menyilang dan kaki ditumpukan ke belakang.
c. Badan tetap lurus agar tetap seimbang.
d. Kedua tangan bersiap di depan bawah dan atas.
7. Aktivitas Pembelajaran Gerak Sikap Kuda-kuda
a. Dua siswa berdiri berhadapan dengan jarak satu lengan, berdiri dengan sikap tegak.
b. Salah satu siswa melakukan kuda-kuda depan, siswa yang lain memberikan aba-aba dan mengoreksi.
c. Salah satu siswa melakukan kuda-kuda belakang, siswa yang lain memberikan aba-aba dan mengoreksi.
d. Salah satu siswa melakukan kuda-kuda tengah, siswa yang lain memberikan aba-aba dan mengoreksi.
e. Salah satu siswa melakukan kuda-kuda samping, siswa yang lain memberikan aba-aba dan mengoreksi.
f. Salah satu siswa melakukan kuda-kuda silang depan, siswa yang lain memberikan aba-aba dan mengoreksi.
g. Salah satu siswa melakukan kuda-kuda silang belakang, siswa yang lain memberikan aba-aba dan mengoreksi.
h. Lakukan gerakan-gerakan tersebut secara bergantian.
i. Lakukan gerakan-gerakan sendiri maupun berpasangan pertarungan bayangan beladiri pencaksilat dengan menggunakan sikap kuda-kuda untuk menghasilkan gerak efektif dan efsien.
C. Analisis Keterampilan Gerak Pukulan
1. Analisis Pukulan Lurus
a. Sikap kaki kuda-kuda kiri depan
b. Kedua belah tangan bersiap depan dada, tangan yang akan memukul jari-jarinya mengepal.
c. Telapak kaki kanan dan kiri sejajar (pararel).
d. Tangan kanan memukul dengan mengubah kepalan telungkup.
e. Lakukan dengan mengubah/mengganti posisi kaki dan tangan yang memukul.
2. Analisis Pukulan Bandul
a. Sikap kaki kuda-kuda tengah.
b. Kedua belah tangan menyilang depan dada, tangan yang akan memukul jari-jarinya mengepal.
c. Ayunkan tangan yang memukul ke depan dengan kepalan telungkup.
d. Tangan yang satu lagi tetap menutup badan sendiri.
e. Lakukan dengan mengubah/mengganti tangan yang memukul.
3. Analisis Pukulan Tegak
a. Sikap kaki kuda-kuda tengah.
b. Kedua belah tangan bersiap depan dada, tangan yang akan memukul jari-jarinya mengepal.
c. Tangan kanan memukul ke depan dengan kepala tegak.
d. Tangan yang satu lagi tetap menutup badan sendiri.
e. Lakukan dengan mengubah/mengganti posisi kaki dan tangan yang memukul.
4. Analisis Pukulan Melingkar
a. Sikap kaki kuda-kuda tengah.
b. Kedua tangan menyilang di depan dada, tangan yang akan memukul jari-jarinya mengepal.
c. Ayunkan tangan yang memukul secara melingkar dari sisi kiri-depan-kanan dengan kepalan tegak.
d. Tangan yang satu lagi tetap menutup badan sendiri.
e. Lakukan dengan mengubah/mengganti tangan yang memukul.
5. Aktivitas Pembelajaran Gerak Pukulan
a. Dua siswa berdiri berhadapan dengan jarak satu lengan, berdiri dengan sikap kuda-kuda kanan/kiri depan.
b. Salah satu siswa maju kaki kanan pukul tangan kanan, siswa yang lain mundur kaki kiri elakan (kuda-kuda belakang).
c. Salah satu siswa maju kaki kiri pukul tangan kiri, siswa yang lain mundur kaki kanan elakan (kuda-kuda belakang).
d. Salah satu siswa maju kaki kanan pukul tangan kanan, siswa yang lain mundur kaki kanan elakan (kuda-kuda belakang).
e. Salah satu siswa maju kaki kanan pukul tangan kanan, siswa yang lain kaki kiri geser ke samping kiri elakan (kuda-kuda samping kiring).
f. Lakukan secara bergantian
g. Lakukan gerakan-gerakan sendiri maupun berpasangan pertarungan bayangan beladiri pencaksilat dengan menggunakan bermacam gerak pukulan untuk menghasilkan gerak efektif dan efsien.
D. Analisis Keterampilan Gerak Tendangan
1. Analisis Tendangan Lurus ke Depan
a. Kaki kuda-kuda kiri.
b. Kaki kanan ditendangkan ke depan hentakan telapak kaki sejajar dengan bahu
c. Kedua tangan berada di depan dada sebagai penyeimbang.
2. Analisis Tendangan Melingkar
a. Kaki kuda-kuda kiri.
b. Kaki kanan ditendangkan ke depan dengan hentakan punggung kaki.
c. Kedua tangan berada di depan dada sebagai penyeimbang.
3. Analisis Tendangan “T”
a. Kaki kuda-kuda kiri.
b. Kaki kanan ditendangkan dari samping ke depan dengan hentakan telapak kaki.
c. Kedua tangan berada di depan dada sebagai penyeimbang.
4. Analisis Tendangan Samping
a. Kaki kuda-kuda kiri.
b. Kaki kanan ditendangkan ke depan dengan punggung kaki.
c. Kedua tangan berada di depan dada sebagai penyeimbang.
5. Aktivitas Pembelajaran Gerakan Tendangan
a. Carilah pasangan temanmu yang seimbang.
b. Berdiri berhadapan dengan jarak satu lengan, sikap kuda-kuda depan.
c. Salah satu siswa menendang dengan kaki kanan, siswa yang lain mengelak dengan elakan bawah.
d. Salah satu siswa menendang dengan kaki kanan, siswa yang lain mengelak dengan elakan samping.
e. Salah satu siswa menendang dengan kaki kanan, siswa yang lain mengelak dengan elakan lurus/berputar.
f. Salah satu siswa menendang dengan kaki kanan, siswa yang lain mengelak dengan elakan atas/loncatan.
g. Lakukan gerakan-gerakan sendiri maupun berpasangan pertarungan bayangan beladiri pencaksilat dengan menggunakan sikap gerak menendang untuk menghasilkan gerak efektif dan efsien.
E. Analisis Keterampilan Gerak Elakan
Elakan adalah pembelaan dengan sikap kaki tidak berpindah tempat atau kembali ke tempat semula. Keterampilan gerak elakan dalam pencaksilat terdiri atas:
1. Analisis Elakan Bawah
a. Sikap kuda-kuda depan.
b. Rendahkan tubuh dengan cara lutut ditekuk tanpa kaki.
c. Sikap tangan waspada.
2. Analisis Elakan Atas
a. Sikap kuda-kuda depan
b. Angkat kedua kaki dengan sikap tungkai ditekuk.
c. Sikap tangan tetap waspada.
d. Mendarat dengan kedua kaki saling menyusul.
3. Analisis Elakan Samping
a. Sikap kuda-kuda tengah.
b. Pindahkan berat badan ke samping kiri/kanan dengan mengubah sikap kuda-kuda tengah menjadi kuda-kuda samping.
c. Sikap tangan tetap waspada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar