Menu

Rabu, 29 November 2023

KISI KISI PJOK KELAS 11 RPL,BDP,DKV 2023

 

SOAL AKM KELAS 11 RPL/BDP/DKV SMTR 1

 

1. Permainan Sepak bola dimainkan oleh dua regu atau dua kesebelasan yang saling berhadapan. Tujuan permainan sepak bola adalah memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak- banyaknya dan mempertahankan daerah sendiri dari serangan lawan dengan aturan tertentu. Karakteristik permainan adalah memainkan bola dengan menggunakan kaki ataupun dengan seluruh anggota tubuh kecuali lengan/tangan, khusus penjaga gawang boleh menggunakan lengan/tangan di daerah gawangnya. Manfaat bermain sepak bola diantaranya dapat menjaga kebugaran tubuh apabila dilakukan secara teratur, menjalin kerjasama bermain sepak bola, menumbuhkan kejujuran, dan menambah pengetahuan serta keterampilan. Keterampilan gerak dalam permainan sepak bola adalah: menendang/passing/shooting, mengontrol/ controlling, menggiring/dribbling, dan menyundul/heading bola. Dalam permainan sepak bola penentu kemenangan nya di tentukan oleh ….

 

2. Menendang Bola dengan Kaki Bagian Dalam

1) Sikap berdiri dengan posisi badan lurus di belakang bola.

2) Salah satu kaki menumpu di samping bola dengan ujung kaki mengarah ke depan serta lutut sedikit ditekuk dan badan agak condong ke depan.

3) Kaki dibuka keluar sehingga mata kaki mengarah ke depan bola.

4) Pandangan dipusatkan pada  bola  yang  akan ditendang dan kedua lengan menjaga keseimbangan.

5) Kaki tendang ditarik ke belakang, kemudian diayunkan ke depan mengenai bola dengan menggunakan kaki bagian dalam tepat pada titik pusat tendangan hingga bola bergerak ke depan.

6) Gerakan selanjutnya diikuti oleh gerak lanjut dari kaki tendang yang diimbangi anggota tubuh lainnya.

Dibawah ini merupakan Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan gerak menendang bola dengan kaki bagian dalam, kecuali….

 

3. Keterampilan Gerak menyundul bola (heading) adalah suatu upaya mengambil bola yang melayang di udara dengan menggunakan kepala/dahi. Perkenaan bola pada kepala saat melakukan sundulan adalah dahi, karena dari merupakan bagian kepala yang terkuat. Menyundul bola dapat dilakukan dengan awalan dan tanpa awalan.

 

Ini merupakan gerakan yang salah pada saat ; badan kaku dan tidak seimbang, pandangan tidak pada bola, tidak bergerak mendekati bola, kedua lengan tidak rileks, dan perkenaan tidak pada dahi.

 

4. Keterampilan gerak dalam permainan bola basket meliputi: mengoper bola, menggiring bola, dan menembak bola ke ring/keranjang. Keterampilan gerak mengoper bola dapat dilakukan dengan setinggi dada, pantulan, dan dengan satu tangan. Keterampilan gerak menggiring bola dapat dilakukan sambil berjalan, berlari, dan maneuver-manuver tertentu sesuai dengan kebutuhan saat bermain. Keterampilan gerak menembak bola ke ring/keranjang dapat dilakukan dengan satu tangan, dua tangan dan loncatan, serta lay-up. Semua keterampilan gerak dapat dikembangkan melalui permainan-permainan sederhana sebelum bermain bola basket yang sesungguhnya. Apa yang di maksud dengan permainan bola basket ….

 

5. Dalam memainkan bola setiap pemain boleh mendorong bola, memukul bola dengan telapak tangan terbuka, melemparkan bola, menggelundungkan atau menggiring bola ke segala arah dalam lapangan permainan. Keterampilan gerak dalam permainan bola basket adalah mengoper/passing, menggiring/dribbling, menembak ke ring/shooting, menumpu satu kaki/pivot. Tujuan utama permainan bola basket adalah ….

 

 

6. langkah kaki tidak teratur, tangan dan kaki kurang harmonis saat mendekati ring, langkah kaki terlalu lebar, bola tidak terkuasai dengan baik sehingga terlepas dari tangan, tidak ada loncatan, dan tidak ada gerakan lanjutan setelah bola lepas. Ini merupakan kesalahan saat melakukan gerakan ….

 

7. Permainan bola voli merupakan permainan beregu menggunakan bola besar yang dimainkan oleh dua regu saling berhadapan, masing-masing regu enam orang. Setiap regu diperbolehkan memainkan bola di daerah pertahanannya sebanyak-banyaknya tiga kali pukulan. Permainan bola voli adalah permainan yang berbentuk memukul bola di udara hilir mudik di atas net, dengan maksud dapat menjatuhkan bola di dalam petak lawan untuk mencari kemenangan dalam permainan. Kemenangan permainan bola voli ditentukan oleh ….

 

8. Keterampilan gerak dalam permainan bola voli meliputi keterampilan gerak servis (bawah, atas, dan menyamping), passing atas dan bawah, smash, dan bendungan (blocking). Keterampilan gerak dalam permainan bola voli dapat dikembangkan melalui aktivitas belajar secara individu, berpasangan dan berkelompok. Apa tujuan dari tehnik blocking …

 

9. sikap badan kaku, berdiri tidak menghadap net/jaring, awalan loncat kurang maksimal karena tolakan tidak menekuk lutut, kedua tangan tidak berada di atas depan, kedua tangan kurang dijulurkan melewati net/jaring, dan pendaratan tidak dilakukan dengan lutut mengeper. Ini merupakan kesalahan dalam melakukan tehnik ….

 

10. salah satu cabang olahraga tertua yang telah dilakukan oleh manusia sejak zaman purba hingga sekarang, karena gerakan – gerakan yang terdapat dalam cabang olahraga atletik seperti berjalan, berlari, melempar, dan melompat adalah gerakan yang dilakukan oleh manusia dalam kehidupannya sehari – hari adalah olahraga ….

 

11. Teknik atau gaya lari jarak menengah merupakan masalah individual. Meskipun benar bahwa terdapat bentuk ideal yang menghasilkan keseimbangan sempurna antara kecepatan maksimum dan gaya menghemat tenaga, permasalahannya tetap ditentukan oleh individu yang bersangkutan. Keterangan tersebut merupakan analisis gerakan star ….

 

12. Pada saat berada di atas mistar, kaki depan sedikit dibengkokkan dan mulailah gerak penutupan (draping action) dengan lengan bahu, dan kepala bersama-sama menukik saat memutar pinggang dan kaki penolak dibuka ke belakang dan ke atas berikut gerakan melayang di atas mistar dengan menggunakan gaya guling (straddle), dalam hal ini menjelaskan tentang posisi seorang atlit lompat tinggi dalam posisi ….

 

13. Analisis Keterampilan Gerak Lompat Jauh. Melompat adalah gerakan-gerakan yang sering kita lakukan setiap hari. Baik itu lompat jauh maupun lompat tinggi untuk jarak yang sempit/rendah maupun melompat untuk jarak yang lebar/tinggi.tujuan dari lomba lompat jauh adalah ….

 

14. pencak silat merupakan gerakan semua anggota tubuh yang mana di dalamnya terdapat gerakan pukulan, tendangan, tangkisan, elakan, dan gerakan pasang. di bawah ini merupakan aspek-aspek pencaksilat, kecuali ….

 

15. mencegah terjadinya obesitas, mencegah terjadinya penyakit jantung, mencegah terjadinya penyakit diabetes, menurunkan tekanan darah tinggi, menambah kecerdasan otak, menurunkan resiko terserang kanker, membuat awet muda, dan meningkatkan kualitas fsik merupakan mangfaat dari olahraga ….

 

16. Kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang dalam melakukan aktivitas keseharian tanpa mengalami kelelahan yang berarti, dan masih mempunyai cadangan sisa tenaga untuk melakukan aktivitas yang lain.

Kebugaran yang berkaitan dengan kesehatan antara lain ditentukan oleh empat komponen kebugaran jasmani, yaitu:

(1) daya tahan jantung, paru-paru, dan peredaran darah,

(2) komposisi tubuh,

(3) kekuatan dan daya tahan otot, dan

(4) kelenturan sendi dan otot.

Komponen kebugaran yang berkaitan dengan kesehatan tersebut akan membantu mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit degeneratif dan keadaan yang berkaitan dengan aktivitas jasmani, seperti:

 

17. Membiasakan otot-otot lokal atau anggota tubuh tertentu mempunyai kekuatan maksimal dalam melaksanakan gerakan sesuai kebutuhannya ini merupakan tujuannya. Sedangkan kemampuan seseorang mengerahkan/mengeluarkan tenaga-sebanyak-banyaknya dalam waktu yang sangat singkat. Jadi, daya ledak merupakan perpaduan antara kekuatan dan kecepatan yang dimiliki seseorang di sebut dengan ….

 

18. Olahraga renang merupakan alat pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, juga merupakan upaya mempelajari manusia bergerak. Olahraga renang sudah ada sejak zaman Romawi kuno. Tentara Romawi dilatih berenang dengan menggunakan pakaian perang yang lengkap, hal ini bertujuan untuk menambah keterampilan yang dimiliki para tentara. Sekitar tahun 1837, olahraga renang mulai dikenal di Inggris. Sebelum Indonesia merdeka, keberadaan kolam renang yang memiliki ukuran standar sudah ada, misalnya kolam renang Cihampelas Bandung dibangun pada tahun 1904 dan kolam renang Cikini Jakarta serta kolam renang di Jawa Timur. Tetapi kolam-kolam tersebut hanya untuk kalangan penjajah dan pengusaha, kalaupun ada untuk masyarakat umum harga tanda masuknya sangat tidak terjangkau. Gaya renang yang tidak tercantum dalam perlombaan renang adalah….

 

19. Gaya punggung merupakan   gaya yang menyatukan gerak lengan dan kaki secara bergantian. Gaya  punggung merupakan  gaya renang dimana bagian wajah dan mulut untuk bernafas berada di atas permukaan air. Gerakan gaya punggung, hampir sama dengan renang gaya bebas,  perbedaannya  yaitu terdapat pada posisi tubuh  dan  arah gerakan lengan. Dalam renang gaya punggung, posisi tubuh telentang, dataran punggung mengapung dengan lebih luas, oleh sebab  itu kemampuan mengapung tubuh lebih besar dibandingkan  dengan gaya krol. Renang gaya punggung di sebut juga dengan ….

 

20. Manfaat renang

1. Baik untuk pemula, karena mereka bisa melakukan gaya ini dengan tetap berada di permukaan air. Dengan demikian, perenang pemula bisa tahu posisi mereka di air dan tidak rentan panik.

2. Hemat energy,  Alasannya karena. Ketika melakukan gaya nya, ada waktu recovery yang cukup untuk tangan dan kaki secara bergantian. Ketimbang gaya renang lainnya, tubuh bisa mencuri waktu beristirahat lebih banyak saat melakukannya.

3. Olah seluruh tubuh, ikut bergerak. Jika dilakukan dengan konsisten, artinya seseorang sedang membangun kekuatan, daya tahan, dan juga kemampuannya dalam mengolah seluruh tubuhnya.Gerakannya terjadi secara simultan. Saat bergerak, tubuh akan terdorong dalam air. Setelah itu, tubuh mendapat kesempatan untuk beristirahat beberapa detik sebelum melakukan gerakan selanjutnya.

4. Membakar kalori. Manfaat renang gaya ini salah satunya adalah membakar 200 kalori selama berenang 30 menit.

5. Olahraga cardio yang baik, membantu memperkuat jantung dan paru-paru.

Mangfaat dari renang gaya apa yang di jelaskan di atas ….

 

21. Permainan tenis meja adalah suatu aktivitas permainan yang menggunakan meja sebagai tempat untuk memantulkan bola. Bola yang dipukul tersebut harus melewati net yang dipasang pada bagian tengah lapangan/meja. Permainan ini berlaku untuk putra maupun putri dengan bentuk tunggal (single) dan ganda (double) dan ganda campuran (mixed double). Permainan tenis meja atau yang lebih dikenal dengan istilah lain yaitu Ping Pong merupakan olahraga unik dan bersifat rekreatif. Oleh karena itu, permainan ini sangat digemari oleh segala usia. Di bawah ini merupakan Tehnik pukulan Dalam permainan tenis meja adalah ….

 

22. permainan ini kemudian berkembang pesat sejak tahun 1850-an dan orang-orang mulai menyebutnya sebagai batbinton. batbinton mulai masuk ke indonesia pada zaman penjajahan sekitar tahun 1930. akan tetapi, olahraga ini baru bisa berkembang di tahun 1947 atau setelah indonesia merdeka. tujuan dari permainan ini adalah memukul kok hingga bisa melayang melewati net, kemudian jatuh kelantai di area lapang lawan agar terhitung sebagai poin. Yang dimaksud dengan permainan di atas adalah permainan ….

 

23. berlari dengan kecepatan penuh sepanjang jarak yang harus ditempuh, atau sampai jarak yang telah ditentukan. dari lari 100 m, 200 m, 400 m. termasuk kedalam cabang atletik nomor ….

 

24. jenis pukulan yang bertujuan untuk menyerang sekaligus mematikan gerakan lawan. Pukulannya sendiri sangat keras dan menukik ke bawah. Untuk melakukan ini, pemain harus memukul kok dengan sekuat tenaga. Pukulan apa yang dimaksud dengan pukulan tersebut….

 

25. Olahraga renang merupakan alat pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, juga merupakan upaya mempelajari manusia bergerak. Olahraga renang sudah ada sejak zaman Romawi kuno. Tentara Romawi dilatih berenang dengan menggunakan pakaian perang yang lengkap, hal ini bertujuan untuk menambah keterampilan yang dimiliki para tentara. Sekitar tahun 1837, olahraga renang mulai dikenal di Inggris. Dalam olahraga renang kita mengenal berbagai gaya, di bawah ini yang bukan merupakan gaya dari olahraga renang adalah ….

 

26. Manfaat renang:

1. Melatih seluruh bagian tubuh secara komplit. Karena, Pada renang gaya punggung, otot bagian dada, punggung, kaki, tangan, dan badan, akan aktif untuk membantu tubuh Anda bergerak lincah di atas air.

2. Menurunkan berat badan. Karena Berenang menggunakan gaya punggung selama 30 menit dapat membakar sekitar 250 kalori.

3. Memperbaiki postur tubuh. Karena Saat berenang gaya punggung, posisi punggung Anda harus lurus. Dengan melakukannya secara rutin, maka lama-kelamaan tulang belakang Anda pun akan bisa lebih lurus dan tegak. Jadi, Anda tidak bungkuk sehingga terlihat lebih tinggi.

4. Meningkatkan fleksibilitas tubuh.

5. Mengencangkan tubuh. Karena, Melakukan gerakan renang gaya punggung akan membantu bagian perut, kaki, lengan, bahu, dan bokong menjadi lebih kencang.

6. Baik untuk organ vital. renang gaya punggung bisa membantu jantung bekerja lebih baik dan efektif. Tidak hanya itu, berenang juga baik untuk kesehatan paru-paru dan bahkan dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol kadar gula darah.

7. Memperbaiki kualitas tidur. Olahraga kardio atau aerobik sangat baik untuk meningkatkan kualitas tidur dan membuat tidur lebih nyenyak.

Ke tujuh poin di atas merupakan mangfaat dari renang gaya …..

 

27. berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air namun berbeda dari gaya bebas batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan. Kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan. Gerakan tubuh meniru gerakan katak sedang berenang sehingga disebut gaya katak. Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air, setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki. Gerakan renang ini di sebut dengan gerakan renang gaya ……

 

28. Kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang dalam melakukan aktivitas keseharian tanpa mengalami kelelahan yang berarti, dan masih mempunyai cadangan sisa tenaga untuk melakukan aktivitas yang lain. Kebugaran yang berkaitan dengan kesehatan antara lain ditentukan oleh empat komponen kebugaran jasmani, di bawah ini yang bukan termasuk ke empat komponen kebugaran jasmani adalah ….

 

29. Gaya punggung merupakan   gaya yang menyatukan gerak lengan dan kaki secara bergantian. Gaya  punggung merupakan  gaya renang dimana bagian wajah dan mulut untuk bernafas berada di atas permukaan air. Gerakan gaya punggung, hampir sama dengan renang gaya bebas,  perbedaannya  yaitu terdapat pada posisi tubuh  dan  arah gerakan lengan. Dalam renang gaya punggung, posisi tubuh telentang, dataran punggung mengapung dengan lebih luas, oleh sebab  itu kemampuan mengapung tubuh lebih besar dibandingkan  dengan gaya krol. Renang gaya punggung di sebut juga dengan ….

 

30. Manfaat di bawah ini merupakan manfaat dari olahraga :

(1) mencegah terjadinya obesitas,

(2) mencegah terjadinya penyakit jantung,

 (3) mencegah terjadinya penyakit diabetes,

(4) menurunkan tekanan darah tinggi,

(5) menambah kecerdasan otak,

(6) menurunkan resiko terserang kanker,

(7) membuat awet muda,

(8) meningkatkan kualitas fsik

 

Sabtu, 23 September 2023

kisi kisi uts kelas 11

 

kisi kisi  

1. Apa iInduk organisasi permainan bola basket di indonnesia adalah

2. Disebut apakah pemain yang bertugas menjaga derah belakang dalam permainan bola basket

3. Apabila seorang pemain bola basket dapat memasukkan bola kedalam ring dari daerah setengah lingkaran, maka ia akan mendapatkan nilai

4. Teknik dasar bola voli yang wajib pertama kali dipelajari oleh pemula ialah

5. Pemain yang bertugas untuk melakukan pukulan agar bola jatuh di daerah lawan disebut

6. Permainan bola basket merupakan permainan beregu dan termasuk kedalam permainan

7. Teknik menembak yang sering kali dilakukan oleh pemain dari luar daerah bersyarat lawan dalam bola basket adalah

8. Siapakah orang yang pertama kali menciptakan permainan bola basket adalah

9. Tujuan dribbling tinggi dalam bermain basket adalah

10. Teknik cervis yang dilakukan dengan cara melompat setelah bola dilambungkan adalah servis

11. teknik dasar bola voli yang pas di gunakan untuk mengambil bola yang rendah menggunakan teknik

12. Pukulan yang dilakukan dengan cepat dan kuat dalam permainan bola voli adalah pukulan

13.  Permainan bola voli di awali dengan sebuah pukulan, yang di sebut dengan Pukulan

14. Berapakah jumlah pemain bola voli dalam satu team, saat pertanding berlangsung

15. Dalam permainan sepak bola, apabila seorang pemain melakukan pelanggaran yang sangat berat akan di sangsi

16. Dalam permainan sepak bola, Pola pertahanan daerah disebut juga dengan istilah

17. Pada saat berlangsungnya permainan, apabila seorang pemain sepak bola merebut bola dengan cara membenturkan badan. Cara ini disebut dengan

18. Teknik menembak yang sering dilakukan pemain dari luar daerah bersyarat lawan dalam bola basket dinamakan dengan teknik

19. Disebut sistem pertahanan apakah dalam permainan bola basket dimana setiap pemain selalu berusaha mendekati lawan satu-satu, dari pertanyaan tersebut jawaban yang benar adalah

20. Dalam permainan sepak bola teknik ini merupakan taktik yang sering digunakan untuk teknik penyerangan yaitu

21. Didalam pertandingan sepak bola ada pola pertahanan satu jaga satu di daerah pertahanan yang dinamakan dengan

22. Dalam susunan pemain sepak bola, yang bertugas sebagai pengatur lapangan dan yang bebas bergerak di setiap lini disebut

23. Formasi dalam permainan sepak bola dapat diartikan sebagai

24. Pemain depan pada permainan sepak bola berperan sebagai

25. Dalam permainan bola voli ada yang berposisi sebagai Set-upper, yang bertugas sebagai

1. Buat lah bagan pertandingan sistem gugur dengan jumlah team 7 team

2. Gambar lah 3 lapangan permainan bola besar ( sepak bola, bola voli, futsal, basket )

3. Coba jelaskan pengertian tentang permainan sepak bola

4. apa tujuan dari permainan bola basket

5. Renang dapat meningkatkam daya tahan organ tubuh terutaman

kisi kisi uts kelas 10

 

Kisi soal uts

 

1. permaina bola voli di mainkan oleh dua regu yang mana tiap regu nya berjumlah  dan penentuan pemenang permainan bola voli ditentukan oleh poin, apabila team tersebut sudah mencapai poin sebanyak

2. permainan bola voli memiliki lapangan yang ber bentuk persegi panjang, yang mana ukuran nya  dan pertandingan nya di pingpin oleh

3. cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai suatu hasil yang maksimal disebut dengan

4. memperagakan teknik dan taktik memainkan bola dilapangan untuk meraih kemenangan dalam setiap pertandingan di sebut sebagai

5. lapangan permainan bola voli di batasi dengan sebuah net, yang tingginya antara putra dan futri itu berbeda. manakan ukuran tinggi net yang betul untuk tinggi net putra dan putri

6. yang bukan termasuk kedalam tehnik dalam permainan bola voli adalah

7. pukulan pertama untuk memulai permainan dalam pertandingan bola voli termasuk ke dalam tehnik dasar

8. passing bawah dan passing atas merupakan tehnik dasar yang sering di lakukan dalam pertandingan bola voli yang berguna untuk

9. Suatu permainan yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri atas 5 orang pemain. Yang bertujuan untuk mencari nilai sebanyak-banyaknya dengan cara memasukan bola kedalam keranjang lawan dan mencegah lawan untuk mendapatkan nilai merupakan permainan

10. Permainan bola basket dengan time-out 2 kali kesempatan, time-out untuk setiap regu selama babak pertama pertandingan berlangsung. maka pertandingan tersebut menggunakan aturan waktu

11. tehnik dasar bola basket yang bertujuan agar bola benar-benar ada dalam kontrol tangan pemain dan tidak lepar merupakan tehnik dasar

12. tehnik memantul-mantulkan bola kelantai lapangan yang bertujuaan untuk mempertahankan atau menguasi bola pada saat melakukan serangan di sebut tehnik

13. tehnik passing dalam permainan bola basket dapat dibagi menjadi tiga, yaitu

14. mengoper bola jarak pendek dengan cara dipantulkan dulu bolanya ke lantai lapangan di sebut dengan operan

15. Dalam permainan basket menangkap bola yaitu menggunakan telapak tangan yang terbuka lebar dan jarijari terentang saat bola basket berada di telapak tangan. dalam dasket tehnik ini juga bisa di sebut dengan istilah

16. menembak bola kedalam ring lawan dalam permainan bola basket  disebut dengan tehnik

17. posisi dalam permainan bola basket bisa dibagi menjadi 3 posisi yaitu posisi

18. . Pada tanggal 26 oktober 1836 foot ball association didirikan sebagai organisasi sepak bola, dan pada tanggal 21 mei 1904 didirikan nya FIFA sebagai federasi sepak bola dunia yang didirikan oleh

19. Permainan sepak bola merupakan permainan yang di mainkan oleh dua regu, yang masing-masing regu terdiri dari 11 orang pemain. dimainkan dalam dua babak ( 2 X 45 menit ) dengan waktu istirahat selama

20. Mr Soeratin sosro sugondo yang di kenal dengan bapak pelopor sepak bola indonesia, mendirikan sebuah organisasi PSSI di yogyakarta pata tanggal

21. Lapangan sepak bola berbentuk persegi panjang, dengan ukuran panjang minimal 90 meter dan maksimal 120 meter, sedangkan lebar nya minimal 45 meter dan maksimal nya 90 meter. sedangkan untuk ukuran lapangan pertandingan internasional adalah

22. Dalam permainan sepak boal ada teknik-teknik pemain menguasai gerak tubuh dalam permainan, hal tersebut dinamakan dengan

23. yang tidak termasuk teknik menendang bola adalah

24. perbedaan dalam permainan sepak bola dan futsal adalah

25. dalam permainan futsal, setiap team dalam melakukan pertandingan saat bermain harus berjumlah

1. Keterampilan dalam permainan sepak bola dalam menciptakan skor saat bertanding adalah

2. Gambarlah lapangan bola voli berikut ukuran nya

3. Tuliskan 4 macam tehnik yang kalian ketahui dalam permainan bola basket

4. kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari dengan ringan dan mudah tanpa mengalami kelelahan serta masih memiliki cadangan tenaga untuk melakukan pekerjaan yang lain nya. Kebugaran jasmani adalah kunci kesehatan dan ketahanan tubuh yang sebenarnya.pernyataan di atas merupakan pengertian dari

5. Buat lah bagan pertandingan sistem gugur dengan jumlah 5 team

Senin, 07 November 2022

BANK SOAL KELAS 10 SEMESTER 1

 BANK SOAL KELAS 10 SEMESTER 1

latihan soal bab permainan sepak bola klik disini

latihan soal bab permainan bola voli klik disini

latihan soal bab permainan basket klik disini

latihan soal uts pjok kelas 10 semester 1 klik disini

latihan soal akm pjok1 klik disini

latihan soal akm pjok 2 klik disini

istilah istilah materi pjok kelas 10 klik disini

Rabu, 14 September 2022

uts PJOK

 PTS PJOK KELAS 11 SMTR 1

1. Apa iInduk organisasi permainan bola basket di indonnesia adalah...

a. FIBA

b. FERBASI.

c. PPSI

d. FIFA

e. PBBSI

 

2. Disebut apakah pemain yang bertugas menjaga derah belakang dalam permainan bola basket ...

a. Guard.

b. Center

c. Forward

d. Canter back

e. Forwad back

 

3. Apabila seorang pemain bola basket dapat memasukkan bola kedalam ring dari daerah setengah lingkaran, maka ia akan mendapatkan nilai...

a. 1 Angka

b. 4 Angka

c. 2 Angka.

d. 3 Angka

e. 1.5 Angka

 

4. Teknik dasar bola voli yang wajib pertama kali dipelajari oleh pemula ialah ...

a.  servis

b.  passing.

c.  blocking

d.  smash

e.  kwik

 

5. Pemain yang bertugas untuk melakukan pukulan agar bola jatuh di daerah lawan disebut ...

a.  spiker.

b.  toser

c.  libero

d.  defender

e.  bloker


6. Permainan bola basket merupakan permainan beregu dan termasuk kedalam permainan…

a. Bola kecil

b. Bola sedang

c. Bola besar.

d. Atletik

e. Bola lempar

 

7. Teknik menembak yang sering kali dilakukan oleh pemain dari luar daerah bersyarat lawan dalam

bola basket adalah...

a. Tembakan dari samping.

b. Tembakan lawan

c. Tembakan meloncat dengan 2 tangan

d. Tembakan lay-up

e. Penjagaan

 

8. Siapakah orang yang pertama kali menciptakan permainan bola basket adalah...

a. M. Luther

b. James Nasmith.

c. Hasley. T

d. W. Morgan

e. Carmelo Anthony

 

9. Tujuan dribbling tinggi dalam bermain basket adalah...

a. Mempercepat penyerangan

b. Mengontrol bola didaerah sendiri

c. Memperlambat permainan.

d. Mengatur bola untuk kemenangan

e. Menguasai bola ditim


10. Teknik cervis yang dilakukan dengan cara melompat setelah bola dilambungkan adalah servis ...

a.  servis atas

b.  servis bawah

c.  servis samping

d.  jumping service.

e. servis smess

 

11. teknik dasar bola voli yang pas di gunakan untuk mengambil bola yang rendah menggunakan teknik ......

a.  passing bawah.

b.  passing atas

c.  sevis atas

d.  servis bawah

e.  smess

 

12. Pukulan yang dilakukan dengan cepat dan kuat dalam permainan bola voli adalah pukulan ...

a.  smash.

b.  service

c.  passing bawah

d.  blocking

e.  passing atas   

 

13.  Permainan bola voli di awali dengan sebuah pukulan, yang di sebut dengan Pukulan ......

a.  passing

b.  blocking

c.  service.

d.  spike

e.  kwik

 

14. Berapakah jumlah pemain bola voli dalam satu team, saat pertanding berlangsung.....

a.  5 orang

b.  6 orang.

c.  7 orang

d.  8 orang

e.  10 orang 


15. Dalam permainan sepak bola, apabila seorang pemain melakukan pelanggaran yang sangat berat akan di sangsi ..….

a. diberi peringatan

b. disadarkan

c. diberi kartu kuning

d. diberi kartu merah dan diusir dari lapangan sepak bola.

e. diberi kartu merah dan tetap melihat pertandingan

 

16. Dalam permainan sepak bola, Pola pertahanan daerah disebut juga dengan istilah ….

a. man to man

b. zona defence.

c. wall pass

d. double sweeper

e. wing back

 

17. Pada saat berlangsungnya permainan, apabila seorang pemain sepak bola merebut bola dengan cara membenturkan badan. Cara ini disebut dengan ….

a. take off

b. body clash.

c. wall pass

d. corner kick

e. wasit

 

18. Teknik menembak yang sering dilakukan pemain dari luar daerah bersyarat lawan dalam bola basket dinamakan dengan teknik...

a. Tembak Kaiton

b. Tembakan dari samping.

c. Tembakan langsung ke tangan

d. Tembakan lay-up

e. Tembakan satu tangan di atas kepala

 

19. Disebut sistem pertahanan apakah dalam permainan bola basket dimana setiap pemain selalu berusaha mendekati lawan satu-satu, dari pertanyaan tersebut jawaban yang benar adalah...

a. Pressing defence

b. Zone defence

c. Guard

d. Man to man defence.

e. Spin dribble


20. Dalam permainan sepak bola teknik ini merupakan taktik yang sering digunakan untuk teknik penyerangan yaitu .….

a. taktik untuk menyerang

b. taktik mengoper bola

c. taktik mencari ruang kosong.

d. taktik menendang bola

e. taktik memperdaya lawan

 

21. Didalam pertandingan sepak bola ada pola pertahanan satu jaga satu di daerah pertahanan yang dinamakan dengan ….

a. man to man.

b. zone marking

c. zone defence

d. total marking

e. total football

 

22. Dalam susunan pemain sepak bola, yang bertugas sebagai pengatur lapangan dan yang bebas bergerak di setiap lini disebut ….

a. libero.

b. penyerang

c. pertahanan

d. penjaga gawang

e. center back

 

23. Formasi dalam permainan sepak bola dapat diartikan sebagai ….

a. pertahanan pemain belakang

b. penyerangan pemain depan

c. penempatan pemain.

d. kombinasi serangan

e. variasi pertahanan dan penyerangan

 

24. Pemain depan pada permainan sepak bola berperan sebagai ….

a. pertahanan

b. penyerangan.

c. back

d. pengumpan

e. kipper


25. Dalam permainan bola voli ada yang berposisi sebagai Set-upper, yang bertugas sebagai...

a.  memukul bola ke daerah lawan

b.  menerima serangan dari lawan

c.  pemain bertahan

d.  mengumpankan bola pada teman.

e.  membagi bola


ESAI.

1. Buat lah bagan pertandingan sistem gugur dengan jumlah team 7 team

2. Gambar lah 3 lapangan permainan bola besar ( sepak bola, bola voli, futsal, basket ) 

Jumat, 08 April 2022

BAB VII BUDAYA HIDUP SEHAT KELAS X SEMESTER 2

 BAB VII

BUDAYA HIDUP SEHAT


A. PENDIDIKAN SEKS

1. Pengertian Pendidikan Seks

Pendidikan seks dapat diartikan sebagai penerangan tentang anatomi fisiologi seks manusia, bahaya penyakit kelamin, dan sebagainya. Pendidkan seks juga diartikan sebagai sex play yang hanya perlu diberikan kepada orang dewasa. Adapun pengertian pendidikan seks secara umum adalah membimbing serta mengasuh seseorang agar mengerti tentang arti,fungsi, dan tujuan seks, sehinggaia dapat menyalurkannya secara baik,benar dan legal.

Pendidikan seks mempunyai ruang pembahasan yang kompleks. Pendidikan seks bukan hanya mengenai penerangan seks dalam arti heterosexual (seseorang yang mempunyai keinginan seks hanya pada lawan jenisnya), dan bukan semata-mata menyangkut masalah biologis atau fisiologis, melainkan juga meliputi psikologi,sosio-kultural, agama, dan kesehatan.

Dalam pendidikan seks dapat dibedakan antara sex instruction dan eeducation in sexuality. Sex instruction ialah penerangan mengenai anatomi, seperti pertumbuhan rambut pada ketiak dan sekitar alat kelamin, dan mengenai biologi dari reproduksi, yaitu proses berkembang biak melalui hubungan kelamin untuk mempertahankan jenisnya. Termasuk didalamnya juga pembinaan keluarga dan metode kontrasepsi dalam mencegah terjadinya kehamilan.

Adapun education in sexuality meliputi bidang-bidang etika, moral, psikologi, ekonomi, dan pengetahuan lainnya yang dibutuhkan agar seseorang dapat memahami dirinya sendiri sebagai individu seksual, serta mengadakan hubungan interpersonal yang baik. Karena sex instruction tanpa adanya education in sexuality akan dapat menyebabkan promiscuity (pergaulan dengan siapa saja), serta hubungan-hubungan seks yang menyimpang.

2. Tujuan Pendidikan Seks

Secara umum tujuan dari pendidikan seks sesuai kesepakatan Internasional “Conference Of Sex Education and Family Planning” adalah untuk menghasilkan manusia-manusia dewasa yang dapat menjalankan kehidupan yang bahagia, karena dapat menyesuaikan diri dengan masyarakat dan lingkungannya, serta bertanggung jawab terhadap dirinya dan terhadap orang lain.

Sedangkan tujuan pendidikan seks yang paling utama adalah melahirkan individu-individu yang senantiasa dapat menyesuaikan diri dengan masyarakat dan lingkungannya, serta bertanggung jawab, baik terhadap dirinya maupun orang lain. Adapun tujuan paling akhir pendidikan seks adalah pencegahan kehamilan diluar perkawinan.

Tujuan pendidikan seks dapat dirinci sebagai berikut

a. Membentuk pengertian tentang perbedaan seks antara pria dan wanita dalam keluarga, pekerjaan, dan seluruh kehidupan.

b. Membentuk pengertian tentang peranan seks di dalam kehidupan manusia dalam keluarga.

c. Mengembangkan pengertian diri sendiri sehubungan dengan fungsi dan kebutuhan seks.

d. Membantu siswa dalam mengembangkan kepribadian, sehingga mampu mengambil keputusan yang bertanggung jawab.

3. Pendidikan Seks Bagi Remaja

Kalau kita melihat dan mengamati masih banyak yang belum memahami seks dengan baik dan benar. Hal ini dikarenakan norma dan nilai dalam masyarakat kita yang menganggap bahwa pendidikan seks masih tabu untuk dibicarakan secara terbuka dan dikalayak umum, mereka menganggap bahwa seks merupakan masalah orang dewasa. Pendapat itu memang benar jika dipakai padamasa lampau, karena akses untuk mendapatkan informasi tentang seks sangat terbatas, akan tetapi pendapat itu tidak sesuai dengan saat ini, karena untuk mengakses informasi seks sangat terbuka lebar. Untuk itu jika para remaja tidak dibekali dengan pendidikan seks yang baik dan benar, meraka akan terjerumus dan salah dalam pergaulan.

Salah satu pergeseran moral pada saat ini ialah mengenai moral seksualitas, terutama dikalangan remaja. Nilai moral seksualitas yang dulu dianggap tabu dan bertentangan dengan norma agama, sosial, adat, kini dianggap tidak demikian lagi oleh sebagian kaum remaja. Dengan demikian memberikan bimbingan, pengetahuan,pendidikan dan penerangan seks kepada para remajamerupakan suatu hal yangsangat penting danpewrlu dilakukan.

Alasan mengapa pendidikan seks sangat penting diajarkan kepada para remaja adalah, sebagai berikut:

a. Dapat mencegah adanya penyimpangan dan kelainan seksual.

b. Dapat memelihara tegaknyanilai-nilai moral yangterkandung didalamnya.

c. Dapat mengatasi gangguan psikis.

d. Dapat memberi pengetahuan dalam menghadapi perkembangan anak.


B. BAHAYA SEKS BEBAS

Hubungan seks pranikah bahkan berganti-ganti pasangan (seks bebas) mengakibatkan aib dan mengganggu ketentraman hidup selanjutnya.untuk itu, sebaiknya para remaja mengenal bahaya akibat hubungan pranikah dan seks bebas sebelum terlanjur. Perilaku seks pranikah dan seks bebas terutama dikalangan remaja sangat berbahaya bagi perkembangan mental (psikis), fisik dan masa depan remaja. Berikut beberapa bahaya utama akibat seks pranikahdan seks bebas, yaitu:

1. Menciptakan Kenangan Buruk

Apabila seseorang terbukti telah melakukan seks pranikah atau seks bebas dan ketahuan oleh kelurga dan masyarakat, maka secara moral pelaku dihantui rasa bersalah yang berlarut-larut. Hal ini akan mengganggu perkembangan psikis (mental) remaja tersebut.

2. Mengakibatkan Kehamilan

Kehamilan diluar nikah akan menjadi beban mental yang luar biasa bagi pelakunya, karena akan mendapat pandangan negatif dari masyarakat. Bahkan secara jelasnya dapat dikatakan bahwa perilaku seks pranikah dan seks bebas hanya akan menimbulkan kesusahan dan malapetaka bagi pelaku dan bahkan keturunannya nanti.

3. Mengakibatkan pengguguran  kandungan (aborsi) dan pembunuhan bayi

Banyak kehamilan yangterjadi akibat perilaku seks pranikah merupakan kehamilan yang tidak diharapkan. Untuk itu biasanya banyak yang melakukan aborsi, karena merekabelum siap secara psikis atau fisik untuk mempunyai seorang anak. Padahal tindakan aborsi itu melanggar norma agama, adat, sosial dan melanggar kode etik  duniakesehatan. Disamping itu yang paling merugikan adalah akan mengganggu kesehatanseperti kerusakan rahim, kemandulan dan lainnya bagi pelaku itu sendiri.

4. Penyebaran penyakit

Perilaku seks bebas akan mengakibatkan penyebaran penyakit kelamin menular. Hal ini tidak hanya menular pada pasangannya saja, akan tetapi akan menular pada keturunannya yang akan mengakibatkan bayi lahir cacat.

5. Timbul rasa ketagihan

Biasanya Bahaya yang ditimbulkan paling utama dari seks bebas yang menginggapi para remaja adalah adanya timbul rasa ketagihan bagi para pelakunya, karena sekali mencoba maka dipastikan akan melakukan terus-menerus perbuatan tersebut.


C. MENGHIDARI SEKS BEBAS

Perilaku seks bebas sangat berdampak bagi perkembangan jiwa seseorang. Perilaku seks bebas sangat berbahaya sehingga kita patut menghindari. Untuk menghindari seks bebas,perlu dilakukan pendidikan seks kepada semua anggota keluarga. Salah satubentuk pendidikan seks di keluarga di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pencegahan Menurut Agama

- Memisahkan tempat tidur anak

- Meminta izin ketika memasuki kamar tidur orang tua

- Mengajarkan norma dalammemandang lawan jenis

- Larangan menyebarkan rahasia suami-istri

2. Pencegahan Seks Bebas dalam keluarga

Keluarga merupakan tempat utama bagi seseorang, sehingga keluarga sangat menentukan dalam masalah pendidikan seks bagi anggota keluarga. Berikut ini  adalah bebarapa hal yang harus diperhatikan dalam usaha untuk mencegah perilaku seks bebas,antara lain:

- Keluarga harus mengerti permasalahan seks

- Seorang ayah menjelaskan anak laki-laki dan seorang ibu menjelaskan anak perempuan tentang masalah seks

- Jangan menjelaskan masalah seks pada anak laki-laki dan perempuan pada waktu dan ruang yang sama

- Hindari hal-hal yang berbau porno saat menjelaskan masalah seks

- Penting bagi orang tua untuk menyakinkan bahwa teman-teman puta-putrinya merupakan anak yang baik

- Memberikan perhatian kemampuan anak dibidang olahraga dan menyibukkan mereka dengan aktivitas yang bermanfaat.

- Tanamkan etika memelihara diri dari perbuatan-perbuatan maksiat

- Membangun sikap saling percaya antara orang tua dan anak


BAB VI SENAM RITMIK KELAS X SEMESTER 2

BAB VI

SENAM RITMIK

Pengertian Senam Ritmik/Irama

Senam irama atau disebut juga senam ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dalam irama musik, atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Senam ritmik dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tidak menggunakan alat. Alat yang sering digunakan adalah gada, simpai, tongkat, bola, pita, topi, dan lain-lain.

Senam irama merupakan senam yang dilakukan untuk menyalurkan rasa seni atau rasa keindahan atau untuk membina dan meningkatkan seni gerak. Secara prinsip antara senam biasa dan senam irama tidak ada perbedaan, hanya saja pada senam irama ditambahkan irama (ritme). Tekanan yang harus deberikan pada senam irama adalah: irama, kelentukan tubuh, dan kontiunitas gerakan.

Menurut perkembangannya senam irama terdapat tiga aliran, yaitu:

1. Senam irama yang berasal dari seni sandiwara

2. Senam irama yang berasal dari seni musik

3. senam irama yang berasal dari seni tari

Senam irama yang berasal dari sandiwara mengutamakan penyampian suatu rangkian cerita dengan gerak yang diiringi dengan musik. Senam irama yang berasal dari seni musik  menuangkan pesan yang terdapat dalam lagu yang berbentuk gerakan. Senam irama yang berasal dari seni tari mengutamakan keindahan gerak dan keserasian antara gerakan irama, dalam bentuk gerak yang dituangkan berbentuk cerita.

Salah satu jenis dari senam ritmik/irama adalah senam aerobik. Untuk lebih jelsnya akan dipaparkan dibawah ini.

A. Pengertian Senam Aerobik

Tentunya kita sering mendengar istilah Aerobik dalam kehidupan sehari-hari. Aerobik yang kita kenal yaitu berupa latihan yang terdiri atas berbagai gerak.

Dalam kamus, aerobik berarti hidup dalam udara atau memanfaatkan oksigen. Aerobik dalam arti sebenarnya adalah kegiatan atau gerak badan yang menuntut lebih banyak oksigen untuk memperpanjang waktu dan memaksa tubuh untuk memperbaiki sistemnya, sehingga bertanggung jawab untuk transportasi lebih banyak oksigen. Dengan kata lain latihan ini dilakukan dalam keadaan tenang.

B. Macam-macam Senam Aerobik

Menurut cara melakukan dan musik sebagai pengiringnya,senam aerobik dapat dibagi menjadi lima macam, antara lain sebagai berikut:

1. High impatc Aerobic (Senam aerobik aliran gerakan keras)

2. Low impatc Aerobic (Senam aerobik aliran gerakan ringan)

3. Discorobic (kombinasi antara gerakan aerobik aliran keras, ringan dan disko)

4. Rockrobic (Kombinasi gerakan aerobik keras dan ringan serta gerakan rock and roll)

5. Aerobicsport (Kombinasi antara gerakan-gerakan aerobik keras,ringan dan gerakan-gerakan kalestonik/kelentukan)

C. Manfaat Senam Aerobik

Manfaat melakukan senam aerobik adalah sebagai berikut:

1. Dapat membakar lemak yang berlebihan di dalam tubuh, meningkatkan daya tahan jantung dan paru, serta memperbaiki penampilan (setiap gerakan ditunjukan untuk menguatkan,mengencangkan dan membentuk otot pada bagian tubuh tertentu.

2. Jika berlatih dengan intensitas tinggi dapat untuk program penurunan berat badan.

3. Jika berlatih dengan ringan, terutama bagi yang bertubuh langsing/kurus maka akan meningkatkan nafsu makan. Adapun jika berlatih dengan berat, akan menekan rasa nafsu makan, karena darah banyak beredar di daerah otot yang aktif dan bukan di daerah perut.

4. mencegah penyakit-penyakit yang dapat menyerang tubuh, karena sistem tubuh dalam keadaan baik, serta bisamenghilangkan kebiasaan buruk misalnya merokok dan menggunakan narkoba.

5. Meningkatkan kelentukan, keseimbangan, koordinasi, kelincahan, daya tahan dan sanggup melakukan kegiatan-kegiatan atau olahraga lainnya.

D. Latihan Senam Aerobik

1. Takaran latihan senam aerobik

Untuk meningkatkan kesegaran jasmani latihan olahraga harus dilakukan secara teratur dengan takaran yang cukup. Demikian pula halnya dengan latihan senam aerobik. Takaran-takaran yang perlu diperhatikan meliputi:

intensitas latihan

Intensitas latihan yang telah kita lakukan dapat dipantau melalui penghitangan denyut nadi dengan cara meraba pergelangan tangan,menggunakan tiga jari tangan. Hitung denyut nadi selama 15 detik dan hasiulnya dikalikan empat.

Lamanya latihan

Latihan baru bermanfaat untuk meningkatkan kersegaran jasmani, jika dilaksanakan paling sedikit 15 menit.

Frekuensi latihan

Untuk memperbaiki atau memperthankan kesegaran jasmani, latihan harus dilakukan paling sedikit tiga kali atau sebanyak-banyaknya lima kali dalam seminggu.

2. Gejala fisik yang perlu diperhatikan selama menjalankan latihan

a. Sesak nafas pada menit-menit pertama latihan berarti pemanasan berarti belum cukup.

b. Bila merasa mual dan mutah-mutah, berkunang-kunang,kepala pusing, kepala terasa berat, dada terasa sakit dan berdebar-debar, sehari setelah latihan masih merasa lelah, berarti takaran latihan teralalu tinggi.

c. Bila setelah latihan merasa sukar tidur, berarti takaran latihan terlalu tinggi atau waktu latihan terlalu dekat dengan waktu tidur (kurang dari 3 jam).

3. Makan makanan dan minuman

- 2 jam menjelang latihan, makan harus sudah selesai

- Untuk latihan pagi hari dianjurkan tidak makan terlebih dahulu

- Saebelum dan sesudah latihan dianjurkan untuk minum, sedangkan selama latihan tidak diperkenankan minum.

- Minuman sebaginya dipilih yang bersuhu kurang lebih 15ÂșC dan tidak terlalu manis.

4. Perlengkapan latihan

a. Pakaian hendaknya tidak tidak terlalu ketat tapi yang mudah menyerap keringat

b. Wanita dianjurkan bra olahraga dengan ukuran yang besar

c. Pakailah sepatu untuk senam aerobik/sepatu olahraga yang baik

d. Gunakan perlengkapan senam yang benar


5. Tahap-tahap melakukan senam

Tahap-tahap melakukan senam aerobik adalah sebagai berikut:

a. Pemanasan (10 menit)

b. Latihan inti (15-20menit)

c. Pendinginan/pelemasan (5 menit)


6. Bentuk-bentuk latihan senam aerobik

a. Mengangkat tangan di depan

b. Gerakan kera

c. Gerakan buka dan silang

d. Geraskan memompa

e. Gerakan tinju

f. Gerakan mengayun

g. Gerakan tepukan

h. Gerakan-gerakan lainnya (tepuk tangan, tepuk di paha) 

BAB V SENAM LANTAI KELAS X SEMESTER 2

 BAB V

SENAM LANTAI


A.    Bentuk-bentuk latihan senam lantai

1.      Berdiri dengan tangan (hand stand)

Berdiri dengan dengan tangan atau disebut hand stand adalah sikap tegak dengan bertumpu pada kedua tangan atau tegak atas kedua tangan dengan siku-siku lurus, kedua kaki rapat dan lurus ke atas. Suatu hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan hand stand adalah harus dilakukan diatas landasan atau alas yang keras (lantai). Oleh karena memudahkan untuk bertumpu, jika dibandingkan dengan melakukan hannd stand diatas landasan atau alas yang lunak (kasur/matras).

Beberapa bentuk latihan pendahuluan khusus menuju hand stand antara lain:

a.       Berjalan maju dengan ke dua tangan dan kedua kaki kangkang serta panggul setinggi mungkin

b.      Lompat kelinci, dari sikap jongkok kedua kaki/lutut rapat, melompat kedepan, mendarat atas tumpuan ke dua tangan yang kemudian ke dua kaki.

c.       Melompati bangku dengan bertumpu pada kedua tangan pada bangku, mengangkat panggul tinggi dengan kedua lutut rapat kedada.

Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi saat melakukan hand stand, sebagi berikut:

a.       Pinggang terlalu melenting

b.      Kepala kurang menengadah

c.       Siku-siku bengkok

d.      Penempatan tangan dilantai kurang atau terlalu lebar

e.       Arah dari tangan tidak ke depan dan jari tangan terlalu rapat

f.       Ayunan kaki ke atas kurang baik (terlalu atau kurang ke depan dan lutut dibengkokkan)

g.      Pada saat melemparkan kaki ke atas bahu mundur ke belakang dan kepala kurang menengadah

h.      Menegangkan otot leher, bahu atau pinggang sehingga menghambat gerakan

i.        Kurang usaha mempertahankan sikap hand stand untuk beberapa saat, cepat “menyerah” untuk roboh

j.        Waktu roboh melepaskan tangan tumpuan atau tidak menekuk kepala (untuk mengguling ke depan)

2.      Latihan gerakan guling lenting (necksptring)

Latihan guling lenting adalah suatu gerakan melenting badan ke atas depan yang disebabkan oleh lemparan kedua kaki dan tolakan ke dua tangan. Tolakan itu dimulai dari sikap setengah guling ke belakang atau setengah guling ke depan dengan ke dua kaki rapat dan lutut lurus.

Cara melakukan guling lenting:

a.       Sikap permulaan tidur terlentang, ke dua kaki lurus dan rapat, kedua tangan disisi badan

b.      Guling ke belakang, kedua tungkai lurus, sehingga kaki dekat kepala, siku dibengkokkan, telapak tangan bertumpu/menopang pada matras/lantai disisi telinga

c.       Guling ke depan, bersamaan dengan itu tolakan/lecutkan tolakan/lecutkan tungkai ke atas depan dan gerakkan tangan ke atas depan, sehingga badan melayang seperti membuat busur

d.      Gerakan mendarat dengan kedua kaki rapat dan gerakan pinggul didorong kedepan, kemudian diikuti dengan gerakan badan badan mengikuti arah rotasi gerakan

Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi pada saat melakukan guling lenting:

a.       Pada saat ke dua kaki dilemparkan ke dua lutut bengkok

b.      Ke dua kaki terbuka/tidak rapat

c.       Badan kurang melenting, atau terlalu melenting (membusur)

d.      Kurang tolakan tangan

B.     Rangkian latihan senam lantai

Apabila siswa telah mempelajari dan menguasai teknik dasar gerakan: guling depan, guling belakang, kayang, sikap lilin, guling lenting berdiri dengan kepala dan berdiri dengan ke dua telapak tangan, maka dilanjutkan dengan rangkaian gerakan dari masing-masing latihan tersebut. Rangkaian gerakan tersebut sebagai berikut:

1.      Guling depan dan guling belakang

Latihan pertama yang dapat dilakukan adalah rangkian gerak guling depan dan dilanjutkan guling belakang.

2.      Berdiri dengan ke dua telapak tangan dan guling depan

Latihan kedua yang dapat dilakukan adalah rangkian gerak berdiri dengan ke dua telapak tangan dilanjutkan guling depan.

3.      Sikap lilin, guling belakang dan berdiri dengan kepala

Latihan ketiga yang dapat dilakukan adalah rangkian gerak sikap lilin, guling belakang dan dilanjutkan berdiri dengan kepala.

4.      berdiri dengan ke dua tangan dan kayang

Latihan ke empat yang dilakukan adalah rangkian gerak berdiri dengan ke dua telapak tangan dan dilanjutkan kayang.

5.      Guling depan dan guling lenting

Latihan ke lima yang dapat dilakukan adalah gerakan guling belakang dan dilanjutkan gerakan guling lenting.


BAB IV ATLETIK KELAS X SEMESTER 2

BAB IV

AKTIVITAS ATLETIK


Atletik adalah salah satu cabang olahraga yang tertua yang telah dilakukan oleh manusia sejak zaman purba sampai dewasa ini. Istilah “atletik” berasal dari kata Yunani yaitu atlon, yang berarti lomba atau bertanding. Bahkan boleh dikatakan sejak adanya manusia dimuka bumi ini atketik sudah ada, kerena gerakan-gerakan yang terdapat dalam cabang olahraga atletik, seperti berjalan, berlari, melompat, dan melempar adalah gerakan yang dilakukan oleh manusia di dalam kehidupan sehari-hari. Untuk semester 2 ini kita akan belajar tentang lari jarak menengah dan lompat jauh.

A.    Lari Jarak Menengah

Lari jarak menengah (800m, 1500m, dan 3000m) sedikit berbeda dengan gerakan lari jarak pendek (sprint). Akan tetapi, pada garis besarnya perbedaan itu terutama pada cara kaki menapak. Pada lari jarak menengah, kaki menapak pada ujung tumit kaki dan menolak dengan ujung kaki. Adapun pada lari jarak pendek, menapak dengan ujung-ujung kaki, tumit sedikit sekali menyentuh tanah.disamping itu lari jarak menengah dilakukan dengan gerakan-gerakan lebih ekonomis untuk menghemat tenaga. 

Dalam lari jarak menengah, pelaksanaan startnya dilakukan dengan menggunakan start berdiri, yang aba-abanya hanya bersedia dan ya. Dikatakan start berdiri karena pelaksanaannya dilakukan dengan berdiri. Ketika aba-aba bersedia, terdengar pelari segeramaju mendekati garis strat dan menempatkan salah satu kakinya dibelakang garis dan kaki lain dibelakang yang lain, berjarak selebar bahu. Badan agak bungkuk dan kedua lengan ditempatkan sedemikian rupa sesuai dengan penempatan kaki begitu aba-aba ya terdengarsegeralah lari menempuh jarak  yang ditentukan.

1.      Teknik dasar lari jarak menengah

      Teknik atau gaya lari jarak menengah merupakan masalah individual. Meskipun benarbahwa terdapat bentuk ideal yang menghasilkan keseimbangan sempurna antara kecepatan maksimum dan upaya menghemat tenaga, permasalahannya tetap ditentukan oleh individu yang bersangkutan.

a.      Start

Teknik start yang umum digunakan oleh pelari jarak menengah adalah start berdiri, kecuali pada lari jarak 800meter ada yang menggunakan jongkok.

a.  Cara melakukan start berdiri sebagai berikut:

1)      Sikap permulaan, yaitu waktu aba-aba bersedia, pelarimaju kedepan dengan menempatkan salah satu kakinya di depan di belakang garis start (kaki kiri) dengan lutut agak dibengkokkan, kaki yang lain dibelakang lurus (kaki kanan).

2)      Badan condong ke depan, berat badan berada pada kaki kiri.

3)      Kedua lengan tergantung lemas dengan siku sedikit agak dibengkokkan, berada didekat badan.

4)      Pada waktu aba-aba ya bila dalamperlombaan mendengar bunyi tembakan pistol start, maka pelari berlari secepat-cepatnya dengan monolakkan dan melangkahkan kaki kanan kedepan, bersamaan dengan mengayunkan tangan kiri kedepan dan tangan kanan ke belakang.

b.      Teknik Berlari

Gerakan teknik lari jarak menengah, pada dasarnya sama tau hampir sama dengan gerakan teknik lari jarak pendek. Namun, pada lari jarak menengah, pelari pada waktu berlari harus mampu berlari cepat dan lebih lama.

Cara pelaksanaan lari yang benar:

1)      Pada saat akan menapakkan kaki pada tanah atau lintasa, dimulai dari ujung kaki ke tumit dan terus menolak lagi dengan ujung kaki.

2)      Pengangkatan lutut sewaktu berlari tidak terlalu tinggi, atau lebih rendah bila dibandingkan dengan lari jarak pendek.

3)      Gerakkan lengan lebih ringan, artinya tidak seperti pada lari jarak pendek.

4)      Lengan digerakkan atau diayun mulai dari bahu,dengan gerakan agak kesamping sedikit dari bahu itu.

5)      Badan agak condong ke depan antara 10-15 derajat dari garisvertikal, tetapi jangan kaku (rileks).

c.       Teknik melewati garis finish

Teknik untuk melewati garis finish pada lari jarak menengah, sama seperti pada lari jarak pendek. Pemahaman dan penguasaan terhadap teknik gerakan melewati gari sfinish penting dimiliki oleh setiap pelari. Tujuannya adalah untuk menjaga bila saat memasuki garis finish ada beberapa pelari yang bersamaan.

2.      Hal dalam lari jarak menengah

a.      Hal-hal yang penting dalam lari jarak menengah:

1)      Badan harus selalu kendor selama lari

2)      Lengan diayunkan dan tidak terlalu tinggi seperti padalari jarak pendek

3)      Badan condong kedepan kira-kira 150 derajat dari garisvertikal

4)      Langkah tetap lebar dengan tekanan pada ayunan kaki ke depan, lebar langkah harus sesuai dengan panjang tungkai

5)      Penguasaan pada kecepatan lari dan kondisi fisik serta daya tahan yang baik merupakan hal yang sangat penting bagi pelari jarak menengah


b.      Petunjuk-petunjuk dalam lari jarak menengah:

1)      Berlarilah di sisi lintasan paling dalam dari lintasan

2)      Secepat mungkin mengambil posisi sebagai pelariterdepan ataumengikutipelari terdepan

3)      Kalau ingin melampui lawan, lakukanlah secepatnya

4)      Usahakan berlari dengan kecepatan yang “tetap” mulai dari start sampai kurang 200 meter dari garis finish, dan mulailah dari sini berusaha untuk mengejar lawan atau meninggalkan lawan, dan melakukan lari cepat terakhir kira-kira 50 meter menjelang finish

5)      Dalam keadaan yang terjepit, misalnya dimuka dan disamping tertutup oleh lawan, perlambat sedikit menjelang sampai dibagian yang lurus, dan kemudian secepatnya melampui lawan sampai kira-kira 5 meter didepannya sampai finish


B.  Lompat Jauh

Lompat jauh merupakan salah satu nomor lompat selain lompat jangkit, lompat tinggi, dan lompat tinggi galah. Tujuan lompat jauh adalah lompat melompat sejauh-jauhnya dengan memindahkan seluruh tubuh dari titik-titik tertentu ke titik lainnya, dengan cara berlari secepat-cepatnya kemudian menolak, melayang di udara dan mendarat.

Ada tiga cara sikap melayang di udara (gaya)  dalam lompat jauh, diantaranya:

a)      Gaya jongkok (waktu melayang bersikap jongkok)

b)      Gaya lenting (waktu di udara badan dilentingkan) atau sering disebut gaya menggantung. c)      Gaya berjalan diudara (waktu di udara kaki bergerak seolah-olah berjalan). 1.      Teknik Dasar Lompat Jauh

Teknik atau kelangsungan dari gerakan lompat jauh dapat dibagi sebagai berikut:

a)      Awalan atau ancang-ancang

Guna awalan atau ancang-ancang pada lompat jauh adalah untukmendapatkan kecepatan yang setinggi-tingginya sebelum mencapai balok tolakan. Panjang awalan untuk melaksanakan awalan lompat jauh tidak kurang dari 45 meter.

Cara melakukan awalan atau ancang-ancang lompat jauh sebagai berikut:

1)      Lari ancang-ancang tergantung pada kemampuan masing-masing.

2)      Tambah kecepatan lari ancang-ancang sedikit demi sedikit sebelum bertumpu atau bertolak pada balok tumpu.

3)      Pinggang diturunkan sedikitpada satu langkah akhir ancang-ancang.

b)      Tumpuan atau tolakan

Tumpuan atau tolakan kaki harus kuat agar tercapai tinggi lompatan yang cukup tanpa kehilangan kecepatan maju. Kaki ayun digerakkan secara aktif agar membantu menaikkan badan dan menjaga keseimbangan berat badan sedikit di depan titik tumpuan.

Cara melakukan tumpuan atau tolakan sebagai berikut:

1)      Ayunkan pahakaki keposisi horizontal dan dipertahankan.

2)      Luruskan sendi mata kaki,lutut, dan pinggang pada waktumelakukan tolakan.

3)      Bertolaklah ke depan dan ke atas.

4)      Sudut tolakan45 derajat.

c)      Melayang diudara

Sikap badanmelayang diudara yaitu sikap setelah kaki tolakmenolakkan kaki pada balok tumpuan. Badan akan dapat terangkatmelayang diudara, bersamaan dengan ayunan kedua lengan ke depan atas. Tinggi dan jatuhnya hsil lompatan sangat tergantung dari besarnya kekuatan kaki tolak, dan pelompat harus meluruskan kaki tumpu selurus-lurusnya dan secepat-cepatnya.

d)     Mendarat

Untuk menghindarkan pendaratan pada pantat, kepala ditundukkan dan lengan diayunkan ke depan sewaktu kaki menyentuh pasir. Titik berat badan akan melampui titik pendaratan kaki di pasir. Kaki tidak kaku dan tegang, melainkan lemas danlentur. Maka sendi lutut harus siap menekuk pada saat yang tepat. Gerakan ini memerlukan waktu (timing) yang tepat.

2.      Peraturan Lompat Jauh

a)      Lintasan awalan lompat jauh lebearminimal 1,22 meter dan panjang 45 meter.

b)      Panjang papan tolakan 1,22 meter, lebar 20 cm, dan tebal 10cm.

c)      Pada sisi dekat dengan tempat mendaratharus diletakkan papan plastisin untuk mencatat bekas kaki pelompat bila ia berbuat salah tolak sekurang-kurangya 1 meter dari tepidepan bak pasir pendaratan.

d)     Lebar tempat pendaratan minimal 2,75 meter jarak antara garis tolakan sampai akhir tempat lompatan minimal 10 meter.

e)      Permukaan pasir di dalam tempat pendaratan harus sama tinggi/datar denagn sisi atas papan tolakan.

 

KISI KISI SOAL KELAS 11 SEMETER 2 TAHUN 2025

  KISI KISI SOAL KELAS 11 SEMETER 2 TAHUN 2025 1. G aya   hidup   yang   memperhatikan   segala aspek kondisi kesehatan. Mulai dari aspek...